Nyctixalus margaritifer adalah salah satu amfibi langka. Katak Pohon Mutiara juga merupakan salah satu jenis katak endemik Jawa. Di samping itu semua, dengan bintik-bintik warna putih di sekujur tubuhnya, tampak cantik dan indah. Perpaduan unik dari Katak Pohon Mutiara; katak endemik , katak langka, dan katak cantik. Katak Pohon Mutiara adalah salah satu jenis katak dari famili Rhacophoridae (katak pohon). Penamaannya dengan “mutiara” merujuk pada keberadaan bintik-bintik putih di sekujur tubuhnya yang sekilas nampak seperti mutiara. Kadang disebut juga sebagai Katak Pohon Jawa, meskipun rancu dengan katak Rhacophorus javanus. Sedangkan nama latin hewan ini adalah Nyctixalus margaritifer Boulenger, 1882. Katak Pohon Mutiara terlihat cantik dengan kulit berwarna orange terang kemerahan hingga coklat tua. Pada kulitnya terdapat bintik-bintik berwarna yang berwarna keputihan atau kekuningan yang tersebar di seluruh tubuh.
Katak Pohon Mutiara (Nyctixalus margaritifer)


Amfibi ini adalah hewan endemik Indonesia. IUCN Red List mencatat sebarannya terbatas di Jawa Barat yang meliputi Gunung Gede-Pangrango, Gunung Halimun-Salak,Situ Gunung, dan Gunung Putri, dan di Jawa Timur (Gunung Wilis). Namun menurut studi Tim Mahasiswa Unnes, Katak Pohon Mutiara dijumpai juga di Gunung Ungaran (Jawa Tengah).
Habitat Katak Pohon Mutiara adalah hutan hujan tropis primer di dataran rendah dengan ketinggian antara 700 hingga 1.200 m. Mereka tidak dapat bertoleransi terhadap perubahan habitat. Dijumpai  di atas daun-daun semak yang berketinggian sekitar satu meteran dari lantai hutan dan tidak jauh dari genangan air.
Katak Pohon Mutiara (Nyctixalus margaritifer)

Ancaman terbesar terhadap kelestarian Katak Pohon Mutiara (Nyctixalus margaritifer) adalah penurunan dan hilangnya habitat. Ini diakibatkan oleh berbagai kegiatan pertanian dan penebangan kayu. Hal ini terkait erat dengan rendahnya daya toleransi Katak Pohon Mutiara terhadap perubahan habitatnya.
Populasinya tidak diketahui secara pasti. Namun berdasarkan daerah sebarannya yang terbatas (kurang dari 20.000 km2), distribusinya yang terfragmentasi, dan populasinya yang terus menurun seiring dengan menurunnya kualitas habitat, Daftar Merah IUCN memasukkan Katak Pohon Mutiara sebagai salah satu hewan langka dengan status konservasi Vulnerable (Rentan; VU).
Klasifikasi Ilmiah Katak Pohon Mutiara: Kerajaan: Animalia. Filum: Chordata. Kelas: Amphibia. Ordo: Anura. Famili: Rhacophoridae. Genus: Nyctixalus. Spesies: Nyctixalus margaritifer Boulenger, 1882.

date Sabtu, 31 Januari 2015

0 komentar to “Katak Pohon Mutiara (Nyctixalus margaritifer) Endemik Cantik”

Leave a Reply: